Klasifikasi Produk Baru


KLASIFIKASI PRODUK
                Secara tradisional, pemasar mengklasifikasikan produk berdasarkan ciri-cirinya : daya tahan, wujud, dan penggunaan (konsumen / industri). Setiap jenis produk memiliki strategi bauran pemasaran yang sesuai. Berikut adalah beberapa klasifikasi produk berdasar :
BERDASARKAN DAYA TAHAN DAN WUJUD :
1. Barang yang tidak tahan lama (non-durable goods),  barang yang berwujud yang biasanya dikonsumsi dalam satu / beberapa kali penggunaan, seperti sabun. Karena barang ini dikonsumsi dengan cepat dan sering dibeli maka strategi yang sesuai adalah menyediakan dibanyak tempat.

2. Barang tahan lama (durable goods), barang berwujud yang biasanya tetap bertahan walaupun sudah digunakan beberapa kali: lemari es, pakaian. Produk tahan lama biasanya memerlukan penjualan dan pelayanan yang lebih pribadi.
3. Jasa (service), produk yang tidak berwujud, tidak terpisahkan dan mudah habis. Akibatnya produk ini memerlukan pengendalian mutu, kredibilitas pemasok, dan kemampuan penyesuaian yang lebih tinggi.
KLASIFIKASI BARANG KONSUMEN
                begitu banyak jenis produk yang dibeli konsumen dapat diklasifikasikan berdasarkan kebiasaan belanja. Kita dapat mebedakan antara :

1. Barang Sehari-Hari (convenience goods), barang yang biasanya sering dibeli pelanggan dengan cepat dan dengan upaya yang sedikit. Sabun, Koran, dll.
2. Barang Toko (shopping goods) adalah barang yang biasanya dibandingkan berdasarkan kesesuaian, kualitas, harga, dan gaya dalam proses pemilihan dan pembeliannya. Ct : perabotan, pakaian, mobil bekas, dll.
3. Barang Khusus (speciality goods) mempunyai cirri-ciri / identifikasi merk yang unik dan karena itulah cukup banyak pembeli bersedia melakukan upaya pembelian yang khusus. Contohnya mobil, komponen stereo, peralatan fotografi, dll.
4. Barang yang Tidak Dicari (unsought goods) adalah barang yang tidak diketahui konsumen / biasanya mereka tidak terpikir untuk membelinya. Contoh : asuransi, persil kuburan, batu nisan, dll.
Sumber : consumerbehavior.lecture.ub.ac.id

0 comments:

Copyright © 2013 Have Fun